Jumat, 18 Oktober 2013

Mengendalikan Makan di Malam Hari

03.16 By



Kebiasaan makan kita dari kecil membuat kita masih sering terpaku pada budaya makan 3 kali sehari, makan dengan nasi atau makan 4 sehat 5sempurna sekali makan. Namun tantangan yang paling berat dari setiap diet adalah godaan makan menjelang malam hari.

Waktu di mana mulut kita mulai ingin makan sesuatu biasanya pukul 9-10 pagi, antara jam sarapan dan makan siang. Selain itu pada sore hari, menjelang malam. Mengapa? karena tak semua orang langsung tidur tepat jam 9 atau 10 malam.

Saat diet, biasanya space makan kita tidak sebesar ketika kita terbiasa makan banyak. Padahal mungkin jam makan kita terbatas. Nah, jangan khawatir, Anda bisa tetap makan cukup walau ada jam makan yang harus dipatuhi.
Agar tak mudah kekenyangan, makanlah bervariasi selama beberapa kali. Makanlah makanan yang berat di antara menu makanan Anda. Terutama mendekati sore hari, konsumsilah banyak serat dan buah yang mudah membuat Anda kenyang.

Tahukah Anda apa yang membuat mulut ingin makan lagi dan lagi? It's a sugar. Gula adalah sumber makanan yang membuat otak kita ketagihan makan lagi dan lagi.
Bila Anda mau mengurangi kecenderungan ini, ganti gula Anda dengan pemanis yang lebih alami. Gunakan gula dari buah-buahan untuk menyuplai kebutuhan gula dalam tubuh Anda. Gula buah-buahan lebih aman dan tak membuat Anda mengalami penuaan dini lho.

Well, ini adalah salah satu tips yang old fashioned. Meski begitu, cara ini memang merupakan solusi agar nafsu makan Anda tak semakin menjadi-jadi.
Dibanding meletakkan makanan di sekitar Anda, sebaiknya alihkan fokus pada kegiatan yang lebih bisa membuat Anda membakar kalori. Misalnya melakukan pekerjaan, olahraga kecil, membuat handy crafts dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar